Keberadaan Ma’had Aly Al Wafi atau Pendidikan Tinggi Islam Berbasis Pesantren Al Wafi tidaklah lepas dari menjawab tantangan masyarakat luas yang membutuhkan pendidikan tinggi dengan ciri khas pesantren untuk perkembangan pendidikan Islam di Indonesia yang lebih profesional serta sekaligus mendukung program pemerintah, khususnya Kementerian Agama R.I. dalam membangun masyarakat yang saleh, moderat, cerdas dan unggul untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berdasarkan gotong royong.

Bermula dari Pesantren / Sekolah berasrama Al Wafi Islamic Boarding School yang kemudian berkembang menjadi Ma’had Aly merupakan upaya kami untuk lebih meningkatkan mutu lulusan yang berarti akan turut memajukan pendidikan Islam di Indonesia. Oleh karenanya kami pun mengembangkan Program Studi S1 Studi Fiqih dan Ushul fiqih

Ma’had Aly Al Wafi merupakan Lembaga Pendidikan Tinggi Islam di bawah naungan Yayasan Al Sudais Indonesia yang dibina oleh  Ust. Dr. (C) Ali Saman Hasan, Lc, MA dengan Ketua Yayasan Ust. Marullah Marzuq, M.Ag., LLM.

Sebelumnya, Yayasan telah melahirkan dan membesarkan Islamic Boarding School setingkat SD, SMP, SMA sebagai  pesantren / sekolah berasrama yang menggabungkan kurikulum Diknas dan kurikulum pesantren modern dan menjadi salah satu rujukan pendidikan Islam modern saat ini.

Organisasi Mahad Aly

Selayaknya sebuah organisasi, Ma’had Aly Al Wafi dikelola oleh tenaga tenaga profesional pada bidangnya masing-masing agar pelaksanaan kegiatan perkuliahan, administrasi dan lainnya dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya. Adapun susunan pemangku jabatan organisasi inti adalah sebagai berikut:

Ketua MudirM. Suja’i Anhar, S.Ag.
Wakil Mudir Bidang AkademikMuhammad Bakri Rahimin, Lc, M.E.I
BAAKIrfan Kuncoro, M.Pd.
BAUKFajar Hari Cahyono, S.E.
Tenaga Pengajar Masyaikh
Tenaga Pengajar Dosen Profesional

Tenaga Pengajar / Dosen Ma’had Aly Al Wafi merupakan dosen-dosen berkualifikasi tinggi pada bidangnya masing-masing  baik lulusan dalam maupun luar negeri serta didukung para masyaikh sebagai pengajar yang didatangkan langsung dari negara-negara Timur Tengah di antaranya:

  1. Syaikh Dr. Wael Abdulkader Hajlawi, LA, M.A.
  2. Syaikh Magdi Yahya Ahmed Al Sharif, B.A.
  3. Syaikh Mogahid Idris Mohamed Ibrahim, Lc.
  4. Ustadz Suworo, S.Si., M.M 
  5. Ustadzah Fortin Sri Haryani, S.Si, M.Pd.
  6. Ustadz Muhammad Asadullah, BA, M.H.
  7. Ustadz Viedy Dimas Aditya, S.Si, M.Pd.
  8. Ustadz Ridwan Syahrun JB. Usman, M.Pd.